Hari ini, Bupati SSM Terima Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat

  • Feb 15, 2023
  • Admin Desa Molobog Barat
  • Masyarakat

BOLTIM - Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si (SSM) akan menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Kota Surakarta (Solo), Provinsi Jawa Tengah.

Pemberian gelar kepada SSM akan dilakukan melalui upacara adat, Tingalandalem Jumenengan Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakoe Buewono XIII, atau pagelaran upacara adat kenaikan tahta ke-19 Raja Pakoe Buewono XIII, Rabu (15/2/2023).

Informasi dari penyelenggara, acara yang sudah lama tidak dilaksanakan karena pandemi covid-19, akan sangat spesial. Pasalnya, pelaksanaan Tingalandalem Jumenengan turut dihadiri para tokoh-tokoh kerabat keraton se-Indonesia dan manca negara.

SSM sendiri akan mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat karena berperan penting dalam mendorong dan suksesnya penyelenggaraan Java Festival di Bolaang Mongondow Timur, yang merupakan salah satu wujud pelestarian budaya adat dari etnis jawa yang ada di Boltim.

"Saya diundang hadir langsung di Keraton Surakarta untuk menerima gelar KMT, Kanjeng Mas Tumenggung. Gelar akan diterima pada hari ini (Rabu-red.) Saya berterima kasih atas penghargaan yang akan diberikan oleh Keraton Surakarta," ujar SSM yang juga telah mendapatkan gelar adat dari Kesultanan Tidore serta gelar adat Mongondow dari empat eks Swapraja Totabuan, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, rangkaian acara peringatan Tingalandalem Jumenengan SISKS dimulai pada tanggal 14 Februari 2023, sampai pada pelaksanaan kirab yang akan dilaksanakan Kamis, 16 Februari 2023.