Ikuti Bimtek di Jakarta, SSM Minta Pjs Sangadi Terapkan Empat Hal Dalam Pembangunan di Desa

  • Feb 22, 2023
  • Admin Desa Molobog Barat
  • Bimbingan Teknis

INFOTOTABUAN.COM, BOLTIM-Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemerintahan Desa kepada Pjs Sangadi se-Boltim.

Bimtek tersebut di selenggarakan oleh Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pusbangda) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Hotel Best Western, Jakarta. Senin, (20/2/2022).

Menariknya, dalam kesempatanya Bupati Boltim, memberikan materi bersama beberapa pemateri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi IPDN, salah satunya ketua Program Studi Program Doktoral IPDN, DR. H. Mansyur Ahmad KM, M.Si, dan Direktur Program Doktoral IPDN.

Dalam penyampaian materi Bimtek Manajemen Pemerintahan, Bupati menegaskan empat hal agar program Pemerintah Desa menjadi terbaik sehingga ada manfaatnya dan langsung dirasakan masyarakat.

“Yang harus dilakukan oleh kepala desa, yakni pertama perencanaan harus matang, pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, harus mengetahui penatausahaan administrasi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi. Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa selanjutnya,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa, kemampuan kepala desa harus tetap ditingkatkan dengan kegiatan peningkatan kompetensi.

“Jika pikiran tidak di asa termasuk dalam belajar, maka akan pikun lebih cepat. Pikiran kita harus terus di asa dengan mencari ilmu pengetahuan,” terang Bupati yang juga mantan ketua DPRD Boltim dan juga ketua KPU Bolmong Ini.

Lanjut Bupati dalam motivasinya, bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dibiayai oleh negara. Maka gunakan pelaksanaan Bimtek dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu.

“Kita tidak selalu dibiayai negara untuk mendapatkan ilmu, jadi manfaatkan pembelajaran saat ini dari pemateri yang sangat berkompeten, untuk menambah pengetahuan lebih banyak,” pungkas Bupati.