Bupati Boltim Dianugerahi Gelar Adat oleh Dewan Adat Se-BMR

  • Feb 10, 2023
  • Admin Desa Molobog Barat

KILAS24.CO,BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, Jumat (10/2) dianugerahi gelar adat Kolano ki Sinungkudan Tule Molantud In Ta Mokotareangkum (Yang Serba Bisa) oleh Dewan Adat se- Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Penganugerahan gelar adat yang juga dirangkaikan dengan peresmian Rumah Dinas (Rudis) Bupati Boltim tersebut dilaksanakan di Halaman Rudis Bupati Boltim.

Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada Dewan Adat Empat Ekswapraja yang ada di bumi Totabuan yakni Mongondow, Kaidipang, Bintauna dan Bolango atas pemberian gelar adat tersebut.

“Tadi saya berdoa, semoga saya bisa dipantaskan oleh Allah SWT dalam memangku gelar yang telah diberikan ini, gelar yang tentu bukan hanya sekedar ceremoni tapi menyangkut arti yang sangat mendalam. Apabila seseorang mendapatkan gelar kemudian dia tidak mampu melaksanakan sesuai dengan gelar tersebut maka akan sia-sia pemberian gelar yang diberikan kepadanya. InsyaAllah Allah akan memampukan saya sebagai umatnya yang paling rendah untuk bisa mengemban gelar yang diberikan kepada saya,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, bupati juga menyampaikan, setelah peresmian Rudis Bupati, tahun ini Pemerintah Kabupaten Boltim juga akan membangun Rudis Wakil Bupati.

“Tentu ini adalah merupakan momen sejarah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang harus kita catat dengan tinta emas karena hari ini kita telah meresmikan sebuah bangunan yang akan menjadi simbol dan identitas sebuah daerah, Rumah Dinas ini adalah bangunan ke-16 dari seluruh kabupaten kota karena kita yang paling terakhir yang membangun Rumah Dinas dan Alhamdulillah telah diresmikan pada hari ini dan tahun ini juga kita akan membangun Rumah Dinas Wakil Bupati selain itu kami juga akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Raya di Kabupaten Boltim, katanya.

“Saya selalu penuh optimisme dalam membangun, Rumah ini tidak hanya menjadi sebuah Rumah Dinas tetapi bisa juga menjadi rumah rakyat atau yang oleh adat diberi nama Pomaling atau istana, di rumah ini ada banyak kamar yang saya sediakan untuk rakyat, kedepannya juga rumah ini akan kita rencanakan menjadi museum dimana menjadi tempat untuk memperkenalkan budaya kita yaitu budaya Bolaang Mongondow, selain itu di samping Rudis ini kami juga akan membangun Rumah Adat, Insyaallah doa kita semua akan diijabah oleh Allah SWT, ” sambung bupati. (Advertorial)