Musyarah Dusun Desa Molobog Barat

  • Jan 13, 2023
  • Admin Desa Molobog Barat
  • Masyarakat

PEMDES MOLOBOG BARAT- Menggelar Musayawarah Dusun (Musdus) untuk menyerap pendapat dan keinginan warga terkait potensi-potensi yang ada di Dusun 1&2 ni, Jum'at (13/01/2023).

Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan desa.

Usulan-usulan warga, semuanya tertampung dalam musyawarah dusun ini, mulai dari bidang ekonomi yang melingkup sosial kemasyarakatan, pendidikan dan layanan kesehatan, infrastruktur, ekonomi pertanian, perkebunan, kepemudaan, bidang adat, bidang agama, sampai kegiatan-kegiatan yang bersifat norma dan kebiasaan warga ditampung untuk diajukan dalam musyarawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) Tahun 2024 yang nantinya dikawal sampai ketingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Bahkan sampai ke tingkat Pusat.

Musyawarah dusun ini dimulai pukul 16.30, bertempat Kantor Desa Molobog Barat, cukup banyak usulan yang disampaikan oleh warga dalam rapat ini sehingga rapat berakhir pukul 20.30.

Hadir pada kesempatan ini Penjabat kepala Desa Molobog Barat Ibu Badiah Gansi, A.Md.Kep BPD, Perangkat Desa,Imam Pegawai Syar'i Kepala dusun 1&2 Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh adat, pkk dan para pemuda/Karang Taruna, 

Diawal kegiatan Penjabat Kepala Desa Badiah Gansi, A.Md.Kep Memberikan Sambutan sekaligus menghimbau warga dari perwakilan masing-masing Dusun dimana saat memberikan pendapat ataupun usulan, harus melihat kembali dan mengidentifikasikan potensi-potensi yang ada didusun masing-masing,  sehingga apa yang harus menjadi prioritas pembangunan di tahun 2024 nanti benar-benar dirasakan manfaatnya bagi warga dusun 1 dan 2.

Kemudian beliau juga menegaskan kepada warga bahwa penyampaian usulan juga harus melibatkan kepentingan banyak orang dan bersifat mendongkrak ekonomi dan pertumbuhan warga ke tingkat yang lebih makmur.

Adapun hasil Musdus Usulan Yang menjadi skala prioritas tahun anggaran 2024 semuanya sudah termuat dalam lampiran Berita Acara Musdus, dan nantinya daftar usulan skala prioritas tersebut akan di bahas dalam Musrembang Desa yang telah di agendakan pada hari Senin, 16 Januari 2023.

Penulis

("Sekretaris Desa Molobog Barat")