Musyawarah Desa Khusus Penetapan BLT-DD Tahun 2023

  • Jan 29, 2023
  • Admin Desa Molobog Barat
  • RAPAT-RAPAT

Pada hari ini Minggu 29 Januari 2023 Pukul 20.00 wita PEMERINTAH DESA MOLOBOG BARAT, telah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus penetapan kpm untuk BLT-DD Tahun 2023 dan Rapat Pembahasan Hasil Penyusunan Draf APBDES Molobog Barat Tahun anggaran 2023. bertempat di Kantor Desa Molobog Barat dengan dihadiri oleh Ketua BPD dan anggota BPD, Pemerintah Desa, unsur masyarakat kelembagaan Desa serta Ketua RT dan Lembaga-lembaga desa lainnya. dalam rangka Musayawarah untuk memvalidasi data, finalisasi dan penetapan keluarga miskin penerima BLT-DD yang sebelumnya sudah direkomendasikan oleh Ketua RT berdasarkan pada Permenkeu Nomor 201/PMK.07/2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023 sebagamana disebutkan bahwa 4 Kriteria Penerima BLT-DD 2023 yaitu: 

  1. Kehilangan mata pencaharian,
  2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis dan/atau difabel,
  3. Tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan, atau
  4. Rumah tangga dengan anggota rumah tunggal lanjut usia.

Selanjutnya Sangadi Molobog Barat Badiah Gansi, A.Md.Kep Membacakan nama-nama penerima BLT-DD 2023 sebanyak 21 KPM.

Dalam kegiatan tersebut diakhir dengan Penandatangan Berita Acara Musyawarah Khusus Desa Molobog Barat Tentang Penetapan Nama-nama Penerima BLT-DD 2023 oleh Ketua BPD bapak Iferlim Mamonto.

Setelah penandatangan Berita Acara Pemdes Molobog Barat Melanjutkan Agenda Kedua yaitu Musyawarah Desa Tentang Pembahasan Hasil Penyusunan Draft APBDES Molobog Barat Tahun Anggaran 2023.

Dalam kesempatan itu Sangadi Memberikan Kesempatan kepada Sekretaris Desa Molobog Barat Kasmat Taib Moses, S.Pd.I Memaparkan Draf APBDES tahun 2023, agar seluruh Peserta rapat terlebih khusus bagi unsur masyarakat dapat melihat kembali apa-apa yang menjadi skala prioritas yang sudah tertuang dalam Draft APBDES Tahun anggaran 2023.

Sekretaris Desa Molobog Barat Kasmat Taib Moses, S.Pd.I juga memberikan pemahaman kepada seluruh peserta Rapat, bahwa apa yang sudah diusulakan dan ditetapkan dalam RKPDES pada Akhir Bulan September 2022 Tidak semua teranggarkan pada Draft APBDES 2023 Alasanya, karena pagu anggaran dengan jumlah sangat minim untuk mengakomodir seluruh usulan daripada masyarakat itu sendiri olehnya kegiatan yang belum sempat teranggarkan pada tahun 2023 insya Allah nanti di anggarkan pada APBDES 2024. (Pungkasnya).

Pada kesempatan itu juga Salah satu Tokoh Masyarakat bapak Rusdi Mamonto, S.pd Memberikan tanggapan bahwa apa yang sudah dipaparkan oleh sekretaris desa itu sudah sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan pada pos per bidang masing-masing, jika ada kebutuhan warga desa yang belum terakomodir di APBDES tahun 2023 beliau memintakan kepada pemerintah Desa Molobog Barat agar dianggarkan pada perencanaan pada APBDES tahun anggaran 2024. (Pungkasnya).

 

Penulis,

Sekretaris Desa Molobog Barat