Piagam Penghargaan Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM

  • Dec 17, 2022
  • Admin Desa Molobog Barat
  • Masyarakat

Jakarta (12/12/2022) - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur turut menghadiri acara puncak peringatan hari HAM sedunia ke-74 yang diselenggarakan di Jakarta oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini Bupati Bolaang Mongondow Timur Bapak Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si diwakili langsung oleh Kabag Hukum Ciendy M.I Mongkaren, S.H ., M.H menerima piagam penghargaan kriteria Kabupaten /Kota Peduli HAM.

Tentunya ini merupakan pencapaian dari seluruh perangkat daerah yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berkat dorongan Bupati.
 
Ada beberapa kriteria laporan yang menjadi penilaian oleh Kemenkumham RI yaitu :

1. Laporan Hak Sipil dan Politik yang di dalamnya :
a. Hak atas bantuan hukum
b. Hak atas informasi
c. Hak turut serta dalam pemerintahan
d. Hak atas Keberagaman dan Pluralisme
e. Hak atas Kependudukan

2. Laporan Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya
a. Hak atas kesehatan
b. Hak atas pendidikan
c. Hak atas pekerjaan
d. Hak atas lingkungan yang baik
e. Hak Perempuan dan Anak

Adapun puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 tahun 2022 ini mengusung tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju (Advancing Human Rights for Everyone).”
 
Puncak acara dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly didampingi Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward O.S Hiraej, Gubernur, Walikota, dan Bupati, serta para undangan.

#boltimbersinar